Burak Yilmaz didapuk sebagai man of the match pada pertandingan Turki vs Belanda

0
830
Burak Yilmaz

Piala Dunia – Bukan hal yang mengejutkan kalau Yilmaz didapuk sebagai man of the match pada pertandingan kali ini. Torehan hat-tricknya sudah cukup untuk membuat dirinya dinobatkan sebagai peraih gelar tersebut.

Gambaran performanya bisa dilihat dari rating yang nyaris sempurna dari Whoscored, 9.5. Kendati tidak bermain selama 90 menit penuh, namun Yilmaz mampu memberikan kontribusi apik selain dari torehan hat-tricknya.

Menurut catatan, Yilmaz melepaskan total empat tembakan selama pertandingan berlangsung. Tiga di antaranya sudah jelas menemui sasaran, sementara satu sisanya meleset dari gawang.

Pemian yang sekarang memperkuat Lille tersebut juga tampil perkasa saat melakukan duel udara. Ia melakukan lima duel udara yang semuanya berhasil dimenangkan. Selain itu, Yilmaz juga menyelesaikan satu upaya menggiring bola.

Aroma kemenangan Turki sudah tercium sejak babak pertama berakhir. Tim asuhan Senol Gunes tersebut sudah unggul dua gol lebih dulu yang semuanya dikantongi oleh penyerang veteran, Burak Yilmaz, masing-masing di menit ke-15 dan 34.

Turki menambahkan keunggulannya di awal babak kedua lewat aksi bintang AC Milan, Hakan Calhanoglu. Belanda sempat coba mengejar lewat gol Davy Klaassen dan Luuk de Jong, namun hat-trick Yilmaz mematikan upaya mereka menyamakan skor.

Yang menarik adalah Turki justru kalah dominan dibandingkan Belanda dari segi statistik permainan. Mereka hanya mampu melepaskan delapan tembakan dan mencatatkan penguasaan bola sebesar 33 persen. Sementara Belanda melepaskan 20 tembakan dan mencatatkan penguasaan bola 67 persen.