Roberto Firmino

Piala Dunia – Brasil belum terkalahkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol. Terbaru, mereka mempecundangi Venezuela dengan skor tipis 1-0.

Di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Sabtu (14/11/2020) pagi WIB, Brasil sudah mengancam di menit pertama. Danilo melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun kiper Venezuela, Wuilker Farinez, mampu mengamankan gawangnya.

Brasil terus menekan, dan di menit ke-4 Thiago Silva punya peluang mencetak gol. Memanfaatkan sepak pojok, sundulan pemain Chelsea itu malah melambung.

Richarlison berhasil menjebol gawang Venezuela di menit ke-8, tetapi dianulir wasit karena offside lebih dulu. Permainan pun berlanjut, skor masih 0-0.

Brasil baru kembali menciptakan peluang di menit ke-29. Roberto Firmino hampir saja mencetak gol lewat tendangan jarak jauh, tetapi Farinez dengan gemilang berhasil menyelamatkan gawangnya.

Lima menit kemudian, Richarlison kembali mendapat peluang. Mendapat crossing bagus di kotak penalti, penyelesaian akhir striker Everton itu malah melebar di sisi kiri gawang Venezuela.

Di menit ke-43, Brasil kembali mencetak gol. Kali ini lewat Douglas Luiz, tetapi wasit kembali menganulirnya setelah terjadi pelanggaran terlebih dahulu.

Venezuela punya peluang tak lama berselang lewat Yeferson Soteldo, tapi kiper Brasil, Ederson Moraes, dengan mudah mengatasi tendangannya. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Di babak kedua, serangan Brasil kembali berlanjut. Di menit ke-61, Gabriel Jesus nyaris membuka keunggulan, tetapi sundulannya dari jarak dekat masih melambung di atas gawang.

GOL! Brasil akhirnya unggul di menit ke-67. Umpan silang dari sisi kanan coba dihalau oleh Darwin Machis, namun bola malah mengarah kepada Firmino, yang dengan tenang langsung menembak bola, menjebol gawang Farinez.

Unggul satu gol, Brasil coba terus menekan. Namun hingga laga usai, tak ada lagi peluang yang tercipta. Skor 1-0 memastikan kemenangan skuad asuhan Tite.

Hasil ini membuat Brasil memimpin klasemen zona Conmebol dengan torehan sempurna, yakni 9 poin dari tiga laga. Sementara itu, Venezuela berada di urutan kesembilan dengan nirpoin sama dengan Bolivia yang menjadi juru kunci.

Susunan pemain

Brasil: Ederson, Renan Lodi (Alex Telles 90+6′), Marquinhos, Thiago Silva, Danilo, Allan, Douglas Luiz (Paqueta 46′), Everton Ribeiro, Richarlison (Pedro 77′), Firmino, Gabriel Jesus (Everton 77′)

Venezuela: Farinez, Rosales (Gonzalez 65′), Angel, Osorio, Feltscher (Del Pino 18′), Casseres, Moreno, Rincon, Soteldo (Otero 65′), Rondon, Machis (Savarino 79′)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here