Timnas Belanda menelan pil pahit pada laga pertamanya di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

0
836
Belanda

Piala Dunia – Belanda harus menelan kekalahan dari Turki dengan skor 4-2 pada duel Kamis (25/3/2021) dini hari WIB.

Pada duel di Staion Attaturk tersebut, Belanda tertinggal dua gol pada babak pertama. Keduanya gol yang bersarang di gawang Tim Krul dicetak Buruk Yilmaz pada menit ke-15 dan 34.

Turki memberi kejutan pada awal babak kedua dari gol Hakan Calhanoglu. Setelah itu, Belanda mengejar dua gol lewat aksi Davy Klaasen dan Luuk de Jong. Namun, gol ketiga Yilmaz membuat Belanda tertunduk.

Belanda sebenarnya punya satu peluang emas, tetapi penalti Memphis Depay gagal menjadi gol. Pelatih timnas Belanda, Frank de Boer, kecewa berat dengan hasil yang didapat pasukannya. Akan tetapi, mantan pelatih Inter Milan tidak ingin meratapinya dan berharap bisa bangkit pada laga selanjutnya.

“Kami pikir ini mengerikan, tetapi kami tidak harus berdiri di sini dengan air mata, kan?,” kata Frank de Boer dikutip dari situs resmi KNVB.

“Kami harus memulihkan kondisi sekarang. Ini adalah yang pertama dari sepuluh laga dan penting untuk tidak menyia-nyiakan poin lagi.”

“Tentu saja ini Adalah pukulan telak, tapi kita semua tahu seberapa cepat hal-hal bisa berjalan di sepak bola. Kita bisa membalikkan keadaan ini. Mulai akhir pekan ini melawan Latvia dan Gibraltar,” tegasnya.

Frank de Boer menilai kekalahan yang dialami Belanda terjadi karena kesalahan sendiri. Dia merujuk pada dua gol pertama Turki yang terjadi lewat sebuah kecerobohan yang harusnya tidak dilakukan.

“Anda tahu bahwa Turki mengintai untuk transisi. Gol pertama adalah contoh dari situasi itu. Kami harus melakukan pelanggaran lebih awal,” kata Frank de Boer.

“Kami punya banyak penguasaan bola dan kami mendapat dua peluang bagus melalui Donyell Malen, yang biasanya melakukan tembakan bagus. Namun, kecepatannya terlalu lambat dan kami membuat banyak kesalahan,” tegas Frank de Boer.