Berita MotoGP – Kemempora Membantah akan menggelar jumpa pers di kantornya soal peresmian Mandalika Racing Team Indonesia. Sebab, mereka belum mengizinkan jumpa pers terkait adanya beberapa poin yang belum dipenuhi. Seperti diketahui, Indonesia berencana memiliki tim sendiri pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Tim tersebut akan diberi nama Mandalika Racing Team Indonesia. Pembentukan tim itu sekaligus untuk memeriahkan gelaran MotoGP Indonesia 2021 yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB),

Dalam beberapa hari terakhir, beredar kabar yang menyebutkan jumpa pers akan dihelat di Kemenpora pada Rabu (28/10/2020). Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Namun, Kemenpora akhirnya memberikan klarifikasi.

Pada pernyataan pers yang diterima Okezone, Kemenpora mengaku mendukung sepenuhnya rencana kegiatan itu. Sayangnya, ada beberapa butir yang belum dipenuhi. Salah satunya adalah tidak ingin melampaui wewenang dari pihak lain, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kemenpora harus menjelaskan lagi kepada masyarakat umum, bahwa leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sehingga Kemenpora tidak ingin melampaui yang menjadi kewenangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” bunyi pernyataan pers Kemenpora, Rabu (28/10/2020).

“Kemenpora sebagai penanggung-jawab bidang keolahragaan membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan membentuk tim pembalap untuk MotoGP 2021 di Mandalika. Namun demikian, sepenuhnya harus berkoordinasi dengan pihak IMI selaku induk organisasi cabang olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia,” imbuh pernyataan itu.

Pada prinsipnya, Kemenpora hanya akan melakukan koordinasi dengan induk organisasi cabang olahraga, bukan pribadi atau klub (tim). Karena itu, kesiapan pembalap ada di bawah wewenang dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Penjelasan ini perlu disampaikan, karena beredar informasi di berbagai media, bahwa Kemenpora sudah menyetujui rencana penyelenggaraan jumpa pers oleh Mandalika Racing Team Indonesia pada tanggal 28 Oktober 2020 di gedung dan atau halaman Kemenpora,” sambung pernyataan itu lagi.

Kemenpora membenarkan ada kunjungan dari Tim Mandalika Racing Indonesia yang menyampaikan keinginan menggelar jumpa pers. Sayangnya, ada beberapa hal yang terkait butir-butir penting di atas, yang belum dipenuhi. Karena itu, Kemenpora belum dapat mengizinkan rencana kegiatan.

“Seandainya jumpa pers tersebut akan diadakan di tempat lain, Kemenpora tidak keberatan. Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga tidak teragendakan untuk menghadiri acara tersebut, karena pada tanggal tersebut sepenuhnya merupakan puncak kegiatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 yang sudah cukup lama teragendakan,” tutup pernyataan Kemenpora.

Quartararo Gagal Podium Lagi, Bos Petronas Yamaha Sedih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here