Wow! Pemain Chelsea Ini Bisa Menjadi Sosok Kunci Buat Tuchel

0
233
Thomas Tuchel

Liga Inggris – Beberapa kalangan mengklaim kalau Timo Werrner bisa jadi sosok kunci buat Chelsea di bawah asuhan Thomas Tuchel musim ini. Namun mantan penggawa Manchester City, Micah Richards, punya pandangan yang berbeda.

Werner merupakan salah satu rekrutan termahal Chelsea pada musim panas kemarin. Sayangnya, performanya di sepanjang musim 2020/21 ini tidak memuaskan banyak kalangan termasuk fans the Blues.

Kehadiran Tuchel di kursi kepelatihan diyakini bisa membuat performa sang pemain menanjak seperti waktu masih di RB Leipzig dulu. Dan dalam beberapa laga, ia mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Yang paling mencolok adalah ketika Chelsea berhadapan Sheffield United di Premier League awal pekan kemarin. Pemain asal Jerman tersebut menjadi sosok di balik dua gol yang berhasil diciptakan the Blues.

Tidak heran kalau publik menganggap Werner sebagai pemain kunci Tuchel pada musim ini. Namun Richards sendiri merasa kalau Marcos Alonso lebih pantas disebut demikian.

Semasa kepelatihan Frank Lampard, Alonson lebih sering duduk di bangku cadangan dan perlahan terlupakan. Namun belakangan ini Tuchel lebih sering memberinya kesempatan tampil kepada pria asal Spanyol tersebut.

“Di bawah asuhan Tuchel, dia akan menjadi seorang pemain yang vital. Sebab dia bisa bermain di banyak posisi,” ungkap Richards kepada BBC Sports.

Richards tidak berkata demikian tanpa alasan yang jelas. Ia tahu persis kualitas pemain berusia 30 tahun tersebut karena pernah bermain satu tim dengannya sewaktu menjalani masa pinjaman di Fiorentina pada musim 2014/15 lalu.

“Saat saya bermain bersama dia di Fiorentina, dia mampu bermain sebagai salah satu dari tiga bek ataupun sebagai wingback. Saya menyukai dia di wingback, sebab dia selalu bisa masuk ke dalam area itu [area penalti] untuk membuat kekacauan,” tambahnya.

“Dia adalah salah satu pemain terkuat yang pernah bermain bersama saya. Dia selalu memberikan bola dan pergi ke sisi luar. Dia punya kualitas yang hebat, kaki kiri yang bagus dari segi teknik serta caranya memainkan bola.”

“Tetapi, dia juga selalu masuk ke ruang kosong, di sini [sisi kiri dari area penalti]. Jika anda melihat penyelesaian akhirnya [gol Alonson saat melawan Burnley], itu sungguh luar biasa,” pungkasnya.