Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Turki Vs Belanda, Burak Yilmaz Jadi Mimpi Buruknya Belanda

0
794
Burak Yilmaz

Piala Dunia – Burak Yilmaz jadi mimpi buruknya Belanda ketika mencetak hat-trick yang membawa Turki menang 4-2. Bukan sekali ini saja Yilmaz rupanya meneror De Oranje.

Turki menjamu Belanda dalam matchday I Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Attaturk Olympic Stadium, Kamis (25/3/2021) dini hari WIB. Belanda jelas diunggulkan untuk menang jika melihat kualitas skuatnya.

Tapi, Turki asuhan Senol Gunes mampu mengejutkan Belanda karena tampil agresif sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan mengembangkan permainan.

Hasilnya dua gol Yilmaz di babak pertama membuat Belanda tertinggal 0-2. Di awal babak kedua Hakan Calhanoglu membuat Turki makin menjauh menjadi 3-0.

Belanda sempat menghidupkan asa saat Davy Klaesen dan Luuk de Jong memangkas skor jadi 2-3 dalam tempo semenit. Pada akhirnya Turki menang 4-2 lewat hat-trick Yilmaz yang diperoleh dari sepakan bebas di menit ke-81.

Start apik dibuat oleh Turki di kualifikasi ini sekaligus jadi ajang pamer ketajaman Yilmaz sebagai kapten tim. Yilmaz jadi pemain Turki pertama yang bikin hat-trick di ajang internasional setelah Umut Bulut pada September 2013 saat menghadapi Andorra.

Dicatat Squawka, Yilmaz tampil sempurna dengan catatan tiga attempts on goal yang seluruhnya jadi gol, lalu 100 persen umpan panjang sukses, 40 sentuhan, delapan kali memenangi duel, dan lima kali memenangi duel udara.

Burak Yilmaz juga menegaskan statusnya sebagai momok Timnas Belanda. Dia total sudah bikin lima gol ke gawang Belanda, terbanyak di antara para pemain lainnya dalam 50 tahun terakhir, melewati catatan empat gol Cristiano Ronaldo.

Selain itu Burak Yilmaz juga jadi pemain pertama setelah pesepakbola Jerman Barat Klaus Allofs yang membobol gawang Belanda tiga kali pada Piala Eropa 1980.

“Saya sadar dengan tanggung jawab besar kami. Laga timnas menyatukan kami. Saya ingin berterima kasih kepada pelatih dan juga rekan-rekan. Saya sangat bangga. Malam yang begitu indah,” ujar Yilmaz di situs resmi UEFA.