Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022: Prancis Diimbangi Ukraina 1-1

0
792
Prancis

Piala Dunia – Prancis menjamu Ukraina di matchday pertama Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Prancis selaku juara bertahan ditahan imbang 1-1.

Prancis vs Ukraina berlangsung di Stade de France, Kamis (25/3/2021) dini hari WIB. Les Bleus lebih dulu memimpin 1-0 di babak pertama lewat gol indah Antoine Griezmann.

Ukraina sukses memaksa skor berakhir 1-1. Tim besutan Andriy Shevchenko ini mendapat gol lewat bunuh diri Presnel Kimpembe.

Hasil imbang ini tentu bukan hal yang bagus untuk Prancis. Sebab, tim besutan Didier Deschamps ini adalah juara bertahan Piala Dunia 2018.

Di laga lainnya, Finlandia vs Bosnia-Herzegovina juga berakhir imbang, yakni dengan skor 2-2. Teemu Pukki mengemas dua gol untuk Finlandia, gol Bosnia dicetak oleh Miralem Pjanic dan Miroslav Stevanovic.

Prancis langsung mengambil kendali permainan dari Ukraina sejak awal laga. Ancaman Les Bleus pertama ke Ukraina datang di menit ke-11 saat Mykola Matviyenko melakukan blok untuk bola tembakan Oliver Giroud.

Setelah terus-menerus menekan, Prancis baru bisa mencetak gol di menit ke-19. Antoine Griezmann melepaskan tembakan melengkung ke tiang jauh gawang Heorhiy Bushchan. 1-0 Prancis memimpin.

Semenit berselang, Prancis nyaris menggandakan skor. Dari dalam kotak penalti, bola tembakan Kylian Mbappe gagal mengarah ke gawang.

Ukraina bukannya tanpa peluang. Vitaliy Mykolenko sempat mendapat ruang tembak di menit ke-37. Akan tetapi, bola tembakannya terbang tinggi di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Tak ada gol tambahan hingga turun minum meski Prancis terus menekan. Babak pertama pun tuntas 1-0.

Di babak kedua, Prancis kecolongan dan harus rela gawangnya dibobol Ukraina. Umpan tarik Oleksandr Karavaev disambar oleh Serhiy Sydorchuk, yang kemudian bola mengenai kaki Presnel Kimpembe hingga mengecoh Lloris. Skor berubah menjadi 1-1 di menit ke-57.

Prancis meningkatkan intensitas serangan selepas kebobolan. Di sisi lain, Ukraina mampu bertahan dengan sangat solid, yang nyaris meletakkan 10 pemain di sepertiga akhir pertahanan.

Sampai babak kedua berjalan setengah jam, Prancis hilang akal untuk masuk ke kotak penalti Ukraina. Berbagai upaya sampai umpan-umpan silang tak mampu menghasilkan ancaman.

Saking susahnya masuk ke kotak penalti Ukraina, Paul Pogba terpaksa melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh di menit ke-80. Namun, Bola tembakan gelandang Manchester United itu masih jauh dari sasaran.

Kimpembe nyaris membayar kesalahannya di penghujung laga. Dia berhasil menyambut bola dengan kepala dari umpan sepak pojok, namun arahnya masih tepat ke kiper Bushchan.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Prancis harus rela bermain imbang 1-1 dengan Ukraina.

Susunan Pemain:

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Hernandez; N’Golo Kante, Adrien Rabiot; Kingsley Coman (Ousmane Dembele 64′), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe (Anthony Martial 77′); Olivier Giroud (Paul Pogba 64′).

Ukraina: Heorhiy Bushchan; Illia Zabarnyi, Serhiy Kryvtsov, Mykola Matviyenko, Vitaliy Mykolenko; Mykola Shaparenko (Oleksandr Zubkov 86′), Oleksandr Karavayev, Serhiy Sydorchuk (Viktor Kovalenko 79′), Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy; Roman Yaremchuk (Junior Moraes 73′).