Berita MotoGP – Sebuah torehan menarik terjadi di kejuaraan MotoGP 2020 ini, rider Suzuki Ecstar Joan Mir bisa menjadi juara dunia tanpa sekalipun memenangi balapan. Hal ini keren menurut Jack Miller. Puncak klasemen pembalap MotoGP 2020 masih dikuasai Joan Mir selepas seri ke-11 GP Teruel akhir pekan lalu. Pria asal Spanyol itu mengemas 137 poin atau unggul hanya 14 angka dari peringkat kedua, Fabio Quartararo.

Menariknya, Joan Mir sama sekali belum pernah memenangi balapan dari 11 seri yang digelar. Peluang terbesarnya datang pada MotoGP Austria 2020 pada Agustus lalu. Sayangnya, bendera merah akibat kecelakaan hebat, menggagalkan kemenangan pertama itu.

Banyak pihak menganggap juara dunia tanpa kemenangan akan membuat gelar terasa hambar. Pendapat sebaliknya diutarakan Jack Miller. Pembalap Tim Pramac Ducati itu justru berpikir akan keren jika Joan Mir juara dunia tanpa pernah menang.

“Sepertinya kita akan melihat situasi Emilio Alzamora lainnya. Saya tidak melihat perlunya Joan Mir memenangi balapan atau mencoba mengambil kesempatan untuk itu,” ujar Jack Miller, dikutip dari Crash, Sabtu (31/10/2020).

“Akan sangat keren jika kita melihat situasi itu lagi. Sepertinya memang sulit untuk dihindari,” imbuh pembalap berkebangsaan Australia itu.

Ya, Joan Mir bukan orang yang pertama yang bisa melakukannya. Orang pertama tersebut adalah Emilio Alzamora pada balapan 125cc 1999. Pria yang kini menjadi manajer Marc Marquez itu tidak pernah menang seri meski menjadi juara dunia.

Lalu, mengapa Joan Mir bisa memuncaki klasemen? Jawabannya adalah konsistensi. Meski sempat dua kali gagal finis, pria berusia 23 tahun itu cukup konsisten berada di lima besar. Ia bahkan tercatat sebagai pembalap peraih podium terbanyak di MotoGP 2020, yakni enam kali.

Jika mengacu pada fakta Emilio Alzamora, tetap saja Joan Mir akan menjadi yang pertama di kelas premier. Joan Mir sendiri masih memiliki kesempatan untuk menorehkan kemenangan. Sebab, masih ada tiga seri tersisa pada MotoGP 2020.

Pekan ini memang tidak ada balapan MotoGP 2020. Namun, mulai 8 hingga 22 November 2020, akan ada tiga seri beruntun yang dimulai pada GP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Tak Bisa Konsisten, Masalah Terberat Vinales Musim Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here