Josep Guardiola Vs Jose Mourinho

Prediksi Bola – Saat ini, Tottenham berada di peringkat kedua klasemen sementara. Mereka meraih 17 poin dari delapan pertandingan yang sudah dilakoni. Sementara, saat ini, Manchester City berada di posisi sepuluh klasemen. City mengoleksi 12 angka dari 12 laga yang telah dijalani.

Tottenham Hotspur akan menghadapi Manchester City pada laga pekan kesembilan Premier League 2020/2021. Pertandingan ini akan dihelat di Tottenham Stadium, Minggu (22/11) dini hari WIB.

Pertemuan ini tak sekadar bakal menjadi duel penggawa kedua tim tersebut. Laga ini pun akan menjadi ajang adu strategi juru racik taktik kedua tim ini, Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

Guardiola dan Mourinho sendiri memiliki sejarah persaingan yang terbentang panjang. Kedua pelatih ini pertama kali beradu taktik lebih dari satu dekade silam.

Rivalitas keduanya kian tajam setelah mereka sama-sama terlibat dalam laga El Clasico di Liga Spanyol. Waktu itu, Guardiola menangani Barcelona, sedangkan Mourinho mengarsiteki Real Madrid.

Bagaimana catatan-catatan pertemuan kedua pelatih tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Soal pengalaman di dunia kepelatihan, Mourinho bisa menepuk dada. Pengalaman pria berusia 57 tahun di dunia kepelatihan lebih banyak ketimbang Guardiola.

Mourinho memang tak pernah menjadi pemain sepak bola di top level seperti Guardiola. Namun, ia terjun ke dunia kepelatihan lebih dulu dibanding saingannya tersebut.

Mourinho pertama kali terjun ke dunia kepelatihan pada pengujung tahun 2000. Waktu itu, ia menjadi manajer Benfica. Ketika pria asal Portugal ini pertama kali menjadi pelatih, Guardiola masih berstatus sebagai pemain senior Barcelona.

Guardiola baru terjun ke dunia kepelatihan setelah gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional pada 2007. Ia mengawali karier kepelatihannya sebagai manajer Barcelona B.

Yang menarik, Mou dan Guardiola sempat bekerja sama di klub yang sama, Barcelona. Pada medio 90-an, Mou menjadi asisten manajer merangkap penerjemah, sedangkan Guardiola berstatus sebagai penggawa Blaugrana.

Untuk urusan rataan point per match (PPM) atau raihan poin per pertandingan, Mourinho harus mengakui keunggulan Guardiola. Sepanjang kariernya, Guardiola meraih 1543 poin, hasil dari 484 kemenangan, 91 kali hasil imbang, dan 78 kekalahan. Rata-rata, tiap pertandingan, Guardiola mendapat 2,36 poin.

Di sisi lain, dari 954 laga yang sudah dilakoni sebagai pelatih, Mourinho meraih 2029 poin. Raihan ini merupakan hasil dari 613 kali kemenangan, 190 hasil imbang, dan 151 kali kekalahan. Rataan poin per pertandingan Mou adalah 2,13.

Dalam aspek rataan poin per pertandingan di City pun Pep unggul. Ia mendapat 571 poin dari 245 pertandingan. Rataan poin per pertandingan pelatih asal Spanyol ini di City adalah 2,33.

Sementara, bersama Spurs, Mourinho mendapat 91 poin dari 50 pertandingan. Rataan poin per pertandingannya bersama Spurs adalah 1,82.

Guardiola Unggul Head to Head dari Mourinho

Sepanjang karier kepelatihan mereka berdua, Klopp dan Pep sudah 23 kali bertemu. 11 pertemuan terjadi dalam partai Clasico antara Barcelona dan Real Madrid. Enam pertandingan lain terjadi dalam Derby Manchester, antara Manchester City dan Manchester United.

Dari 23 pertemuan ini, catatan Pep Guardiola lebih bagus. Ia meraih 11 kali kemenangan, 6 hasil imbang, dan menelan enam kali kekalahan dari Mourinho.

Kekalahan terakhir Guardiola dari Mourinho terjadi ketika City bertemu Spurs pada laga pekan ke-25 Liga Inggris musim 2019/2020 lalu. Waktu itu, City harus menelan kekalahan dua gol tanpa balas dari Spurs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here