Berita MotoGP – Alex Rins tertinggal 37 poin dari pemimpin klasemen sementara yang juga rekan setimnya Joan Mir. Namun Rider Mudah ini tidak akan menyerah sampai race terakhir untuk mengejar gelar juara dunia. Seperti diketahui, Alex Rins gagal menang pada MotoGP Eropa 2020, Minggu 8 November malam WIB, di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Kegagalan itu disebabkan sebuah kesalahan kecil yang dilakukan sehingga posisi terdepan diambil alih rekan setimnya Joan Mir.

Kemenangan Joan Mir pada MotoGP Eropa 2020 membuat koleksi poinnya kini menjadi 162. Sementara itu, tambahan 20 poin dari hasil finis kedua, malah membuat Alex Rins tertinggal 37 angka dengan dua seri tersisa.

Defisit 37 poin tentu agak sulit dikejar pada sisa dua seri di Valencia dan Portimao (Portugal). Akan tetapi, Alex Rins menolak menyerah. Pria berkebangsaan Spanyol itu berjanji akan terus berjuang hingga akhir. Sebab, secara matematis keunggulan itu masih bisa dikejar.

“Secara matematika masih ada 50 poin lagi. Itu adalah poin yang menjadi pertaruhan,” ujar Alex Rins selepas balapan, dikutip dari Motorsport, Senin (9/11/2020).

“Joan (Mir) menjalani musim yang luar biasa dengan begitu banyak podium. Akan tetapi, mengapa tidak (mengejar sampai akhir)? Kami akan terus berjuang sampai akhir,” tegas pembalap berusia 24 tahun tersebut.

Quartararo Pesimis Bisa Meraih Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

Secara kasat mata, keuntungan memang dikantongi oleh Joan Mir. Walau begitu, kemungkinan bagi Alex Rins masih ada sekali pun kecil. Bahkan, pembalap bernomor 42 itu butuh kesialan dari rekan setimnya untuk bisa memepet jarak poin.

Jika ingin memangkas jarak, Alex Rins wajib menyapu bersih pada dua balapan tersisa. Di saat bersamaan, Joan Mir harus minimal satu kali gagal finis. Andai skenario itu terjadi pada GP Valencia pekan depan, Mir masih memegang keunggulan 12 poin atas Rins.

Sisa 12 poin bisa didapat dengan tetap meraih kemenangan di GP Portugal pada 22 November 2020. Jika Alex Rins menang, ia mesti berharap Joan Mir kembali gagal finis atau menyelesaikan lomba di peringkat empat yang hanya menambah 13 poin.

Dengan situasi itu, poin kedua pembalap akan sama, yakni 175. Namun, Alex Rins memegang keuntungan berupa dua kali menang. Jika ada pembalap dengan poin yang sama di dua posisi teratas, maka rider yang lebih banyak meraih kemenangan atau podium, berhak keluar sebagai juara dunia.

Para Pembalap Yamaha Meraih Hasil Buruk Pada Balapan MotoGP Eropa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here