Roberto Firmino

Liga Inggris – Situasi Roberto Firmino di lini depan Liverpool tengah menjadi sorotan menyusul seretnya gol dari bomber asal Brasil tersebut sejak musim lalu, terlebih pada musim ini.

Klopp pun akhirnya menepikan Firmino kala Liverpool berhadapan dengan Atalanta, Rabu (4/11/2020) kemarin. Sebagai pengganti, Klopp memilih menurunkan Diogo Jota sejak awal.

Hasilnya terbukti luar biasa. Jota sukses memborong tiga gol sekaligus membawa timnya menang 5-0. Catatan ini sekaligus mempertegas performa menawan Jota sejak digaet dari Wolverhampton.

Terlepas dari kondisi Jota yang tengah dalam puncak performa, Barnes tetap meyakinkan Klopp agar lebih memilih memainkan Firmino sejak awal di markas City.

“Jota mencetak hat-trick, tetapi itu tidak berarti dia secara otomatis masuk ke tim melawan Man City. Saya pikir siapa yang bermain bergantung pada apa pertandingannya dan siapa yang mereka lawan dan bagaimana tim itu bermain,” ujar Barnes kepada talkSPORT.

“Melawan Man City, di mana Anda tidak akan memiliki banyak penguasaan bola, mungkin Firmino akan menjadi pilhan yang lebih baik. Anda membutuhkan pemain seperti Bobby Firmino untuk tidak hanya menguasai bola tetapi juga melakukan tugas defensifnya,” imbuh Barnes.

“Jika Anda memainkan pertandingan melawan Atalanta atau Leeds, tim yang lebih terbuka, maka Anda dapat melihat Jota bermain,” tukasnya.

Lebih lanjut, Barnes menyebut bahwa Klopp tak harus memaksakan untuk memainkan Thiago Alcantara yang belum pulih 100 persen dari cedera ketika berhadapan dengan City.

“Sama halnya dengan Thiago. Jika Anda bermain melawan Man City, Anda tak wajib memainkan Thiago, Anda memainkan Wijnaldum, Henderson dan Fabinho yang jauh lebih kuat dalam pertahanan,” tutur Barnes.

“Saya rasa Klopp musim ini akan terus melakukan perubahan, dan saya tidak berpikir itu adalah refleksi tentang siapa yang dia rasa lebih baik, ini lebih tentang dengan siapa mereka bermain,” tambahnya.

“Apakah kurangnya gol Firmino akan membuatnya rugi? Nah, alasan mengapa Mane dan Salah mencetak gol sebanyak yang mereka lakukan adalah karena cara Bobby bermain,” tandas Barnes.

Barnes pun menilai bahwa kurangnya jumlah gol yang dicetak Firmino bukan menjadi sebuah masalah besar, asalkan para pemain lainnya tetap tajam di depan gawang lawan.

“Sekarang, jika Jota bermain dengan mungkin Salah dan Mane, meski mereka sama-sama mencetak gol tadi malam, mungkin tidak bisa mencetak gol sebanyak itu,” kata Barnes.

“Jadi menurut saya, mencetak gol bukanlah hal yang harus dia lakukan di tim. Seperti yang mungkin orang katakan, ‘Firmino adalah striker utama Liverpool’, pencetak gol utamanya adalah Mane dan Salah dan Firmino memberi lebih dari itu,” lanjutnya.

“Jika kami bisa mengakhiri musim dengan keunggulan 20 poin dari tim lain dan dia tidak mencetak gol, jelas saya tak akan mempermasalahkannya, dan begitu pula Jurgen!” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here