Pemerintah Kota Brno Resmi Tidak Akan Gelar Balapan MotoGP 2021

0
179
Brno Circuit Motogp

MotoGP – Republik Ceko, mengundurkan diri sebagai salah satu penyelenggara MotoGP 2021. Mereka tidak bisa menggelar ajang karena masalah finansial.

Brno tidak mampu membiayai perbaikan lintasan yang membutuhkan dana sekitar 3,8 juta euro atau sekitar Rp 65 miliar tanpa bantuan dari Dorna Sports dan Pemerintah Republik Ceko.

Di sisi lain, Dorna menolak jika harus memangkas sembilan juta euro sebagai biaya penyelenggaraan MotoGP. Sementara Pemerintah Ceko tidak akan menambah jumlah anggaran karena fokus ke penanganan pandemi Covid-19.

“Anggota Dewan sepakat Brno tidak akan menggelar balapan MotoGP 2021 karena situasi saat ini (pandemi Covid-19),” kata tulis keterangan resmi Pemerintah Kota Brno, dilansir AFP.

Dorna Sports sebelumnya meminta otoritas setempat untuk memperbaiki lintasan menyusul keluhan dari para pembalap usai melakoni MotoGP Republik Ceko Agustus lalu.

Kini Pemerintah Brno mengatakan akan menjadi tuan rumah balapan 2022-2026 jika Dorna memangkas biaya penyelenggaraan dan pemerintah negara bersedia menambah anggaran.

Dengan keputusan ini, Brno akan absen menggelar balapan sejak 1987. Lokasi tersebut sebelumnya memang tidak berada di dalam kalender sementara kompetisi 2021 yang dirilis bulan lalu.

Hanya 19 sirkuit yang masuk ke dalam jadwal kompetisi dengan satu lokasi belum ditentukan. Dorna menetapkan tiga venue sebagai cadangan yakni Indonesia, Portugal, dan Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here