Pep Guardiola menilai rotasi pemain menjadi kunci lolosnya The Citizens ke 8 besar Liga Champions

0
138
Pep Guardiola

Liga Champions – Pep Guardiola angkat bicara soal keberhasilan Manchester City ke 8 besar Liga Champions. Dia menilai rotasi pemain menjadi kunci lolosnya The Citizens.

Man City bersua Borussia Moenchengladbach dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020/2021. Pertandingan berlangsung di Puskas Arena, Rabu (17/3/2021).

Di babak pertama, Man City langsung mencetak dua gol yang disarangkan Kevin De Bruyne pada menit ke-12 dan Ilkay Guendogan (18′). Tidak ada gol tambahan di paruh kedua, hingga laga tuntas dengan kemenangan The Sky Blues 2-0.

Hasil ini membawa Manchester City mengunci satu tempat di perempatfinal Liga Champions dengan agregat 4-0. Klub asal Manchester itu sebelumnya juga menang dengan skor identik di leg pertama kontra Gladbach.

Pep Guardiola mengomentari pencapaian timnya yang lolos ke babak 8 besar Liga Champions. Menurutnya, Man City dapat melangkah ke fase berikutnya lantaran rotasi pemain yang dilakukannya.

Di laga kontra Gladbach, Guardiola memarkir pemain-pemain semisal Gabriel Jesus, Ferran Torres, serta Benjamin Mendy. Para penggawa tersebut dirotasi guna menjaga kebugaran skuad di tengah jadwal yang padat.

“Tidak mungkin [untuk bersaing] tanpa memiliki 20 pemain dan memastikan semuanya fit. Itulah mengapa kami bisa merotasi enam atau tujuh pemain,” kata Pep Guardiola, dikutip dari laman resmi UEFA.

“Sangat penting untuk tetap bugar, tidak hanya secara fisik tapi juga mental. Kami belum pernah merasakan [libur] satu minggu sejak September atau Oktober,” ujarnya.

Ederson; Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias (Aymeric Laporte 70′), Joao Cancelo (Oleksandr Zinchenko 64′); Rodri (Fernandinho 63′), Ilkay Gundogan (Raheem Sterling 70′); Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Phil Foden; Bernardo Silva (Sergio Aguero 75′).