Fabinho Man of the Match Liverpool vs RB Leipzig

0
805
Fabinho

Liga Champions – Liverpool sukses melangkahi hadangan RB Leipzig di babak 16 besar Liga Champions. Klub asuhan Jurgen Klopp tersebut menutup duel dengan agregat telak 4-0 dan berhak melaju ke babak perempat final.

Leg kedua digelar pada Kamis (12/3/2021) dinihari tadi, di mana Liverpool keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0. Tetapi, mereka sempat kerepotan oleh pertahanan Leipzig yang cukup ketat dan disiplin.

Gol pertamanya bahkan baru tiba di menit ke-70 dari kaki sang bintang, Mohamed Salah. Sadio Mane menggandakan skor jadi 2-0 empat menit setelahnya. Kedudukan 2-0 bertahan sampai wasit mengakhiri pertandingan.

Dengan demikian, the Reds berhak tampil di babak perempat final. Calon lawannya baru diketahui setelah proses undian dilakukan pada hari Jumat (19/3/2021) pekan depan.

Mo Salah dan Sadio Mane boleh mencetak dua gol krusial dalam kemenangan Liverpool. Namun, gelar man of the match jatuh ke pemain lain yang memiliki sumbangsih lebih besar, yakni Fabinho.

Setelah sekian lama di musim ini, pemain asal Brasil tersebut akhirnya bermain lagi sebagai gelandang. Biasanya, ia ditaruh di jantung pertahanan mengingat stok bek the Reds pada saat ini sangat tipis.

Namun Klopp punya ide yang berbeda. Ia menaruhnya sebagai gelandang sentral yang diapit oleh Thiago Alcantara dan Gini Wijnaldum. Sementara dua pos di jantung pertahanan diisi oleh Nathaniel Phillips dan Ozan Kabak.

Whoscored memberikan rating 7.2 untuk pemain berusia 27 tahun tersebut. Ia mencatatkan akurasi umpan sebesar 87 persen, dan turut membantu pertahanan dengan catatan tiga jegalan, dua sapuan dan empat intersep.

“Memberikan ketenangan kepada tim yang membongkar permainan dalam banyak kesempatan. Menyajikan proteksi yang baik untuk dua bek sentral yang masih muda,” tutur eks pemain Tottenham, Robbie Keane, saat menilai performa Fabinho sebagai pengamat teknis UEFA.