Berita MotoGP – Kabar cukup mengagetkan datang dari rider Senior dan berprestasi Andrea Dovizioso disebut bakal libur dari pentas MotoGP selama setahun. Kerja sama antara Andrea Dovizioso dengan Ducati Corse dipastikan berakhir pada penghujung Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Pasalnya, kedua pihak gagal mencapai kesepakatan perihal kontrak baru. Pengumuman tersebut muncul di sela-sela MotoGP Austria 2020, Agustus silam.

Sejak itu, masa depan Andrea Dovizioso terus menjadi perbincangan. Sang manajer, Simone Battistella, sempat mengungkapkan kliennya mungkin saja akan absen dari grid pada musim depan selama setahun, sembari menunggu proyek yang menarik.

“Opsi tersebut benar-benar kami pikirkan. Jika syarat-syarat yang diajukan tidak dipenuhi, Dovizioso memilih tidak akan lanjut membalap,” ujar Simone Battistella kepada Motorsport, Juli 2020.

“Andrea tidak berpikir soal pensiun. Dia merasa masih kuat dan berada dalam bentuk terbaik. Memang benar ketika Anda tidak melihat ada proyek menarik, Anda akan menunggu sampai ada yang lain. Bukan berarti dia akan pensiun, dia memang tidak punya tim, tetapi menunggu proyek lain,” imbuhnya.

Menariknya, opsi yang diungkapkan beberapa bulan lalu itu mendekati kenyataan. Dilansir dari Motorsport, Andrea Dovizioso mulai menanggalkan rencana untuk menjadi pembalap tes di pabrikan lain. Dengan begitu, ia akan cuti sabatikal sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Luca Marini Resmi Gabung Avintia Ducati, Bakal Gunakan Motor Milik Zarco

Menurut media tersebut, Andrea Dovizioso akan fokus pada ajang lainnya, yakni motocross sepanjang musim depan. Dengan turun membalap di ajang motocross, pembalap berusia 34 tahun itu berharap dapat mempertahankan kondisi fisik sekaligus mengasah keterampilan di atas motor.

Motorcross memang acap dijadikan latihan oleh para pembalap MotoGP. Kebetulan, Andrea Dovizioso adalah salah satu yang gemar berlatih motorcross. Pada Juni 2020, pembalap kelahiran Forlimpopoli itu bahkan turun pada Kejuaraan MX GP di Faenza, Italia.

Turunnya Andrea Dovizioso pada ajang tersebut lantas berujung musibah. Tulang selangkanya patah gara-gara terjatuh saat berusaha mendaratkan motor. Ia harus menjalani operasi bedah demi memulihkan cedera tersebut.

Dengan mengambil cuti sabatikal, Andrea Dovizioso diyakini ingin memantau perkembangan sepanjang MotoGP 2021. Ia juga melihat tim mana yang mungkin akan merekrut serta memuluskan ambisinya menjadi juara dunia MotoGP.

Andrea Iannone Dihukum 4 Tahun Tak Boleh Ikut Balapan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here