Meski Gunakan Formasi 3-4-3, Zidane Senang Real Madrid Tetap Menang

0
339
Zidane

Liga Spanyol – Zinedine Zidane membuat kejutan pada duel Real Madrid vs Getafe, laga tunda pekan ke-1 La Liga 2020/21, Rabu (10/2/2021). Madrid menang 2-0 dengan formasi dadakan 3-4-3.

Ya, formasi ini tidak biasa untuk Los Blancos. Trio bek sentral diisi oleh Raphael Varane, Nacho, dan Ferland Mendy. Lalu ada Marcelo dan Marvin sebagai wing-back di sisi kiri dan kanan.

Hasilnya cukup memuaskan. Madrid bisa menguasai lini tengah dan mengontrol pertandingan. Dua gol pun tercipta di pertengahan babak kedua, dari kaki Karim Benzema dan Ferland Mendy.

Meski formasi 3-4-3 ini terbukti ampuh, Zidane mengungkapkan bahwa rencana ini terbilang dadakan sebelum pertandingan.

Madrid tengah dilanda krisis pemain besar-besaran. Hanya 13 pemain inti yang tersedia, sisanya dihantam cedera. Karena itulah Zidane harus memutar otak dan kali ini dia muncul dengan rencana 3-4-3.

Mengutip Marca, Zidane mengungkapkan bahwa taktik itu terbilang minim persiapan, dan untungnya performa Madrid cukup memuaskan.

“Kami tidak benar-benar mempersiapkannya, tapi pada akhirnya kami meluangkan waktu sebelum pertandingan untuk mendiskusikannya dan mengaturnya, dan para pemain memahaminya dengan sangat baik,” buka Zidane.

“Dan hasilnya bagus, untuk ukuran formasi yang tidak biasa dimainkan dan justru jadi pertandingan yang bagus.”

Kemenangan ini tak mengubah posisi Madrid di peringkat dua dengan 46 poin dari 22 pertandingan. Los Blancos masih tertinggal cukup jauh dari Atletico Madrid yang punya tabungan dua pertandingan.

Meski begitu, Zidane yakin timnya masih percaya bisa jadi juara musim ini, tidak ada yang berubah.

“Kami hanya melakukan seperti biasanya. Masih ada 48 poin yang bisa diraih dan kami hanya perlu fokus pada diri sendiri,” sambung Zidane.

“Kami perlu berjuang, terus bekerja keras, dan tidak melihat laju tim-tim lain. Malam ini adalah kemenangan penting dan kemenangan beruntun, kami membutuhkannya,” pungkasnya.