AS Roma Kembali Meraih Kemenangan di Pekan ke-12 Serie A : Menjamu Torino, Giallorossi Menang 3-1

0
193
Lorenzo Pellegrini

Liga Italia – Di Olimpico, Jumat (18/12/2020) dini hari WIB, gol-gol kemenangan Roma dicetak oleh Henrikh Mkhitaryan (27′), Jordan Veretout (43′), dan Lorenzo Pellegrini (68′). Sementara gol hiburan Torino dicetak Andrea Belotti (73′).

Kemenangan ini mengantarkan Roma ke peringkat empat klasemen sementara dengan 24 poin, menggeser Napoli. Sedangkan Torino belum beranjak dari zona degradasi, tepatnya di urutan ke-19 dengan 6 poin.

Roma sudah unggul jumlah pemain sejak awal babak pertama. Bek Torino, Wilfried Singo, diusir wasit usai mendapat dua kartu kuning. Pertama karena melanggar Henrikh Mkhitaryan di menit ke-7, lalu menekel Leonardo Spinazzola di menit ke-15.

Roma berhasil memanfaatkan situasi tersebut. Gianluca Mancini hampir mencetak gol di menit ke-17, namun sepakan jarak dekatnya bisa diselamatkan kiper Torino, Vanja Milinkovic-Savic.

Torino tak tinggal diam. Andrea Belotti punya kans di menit ke-22 lewat tendangan bebas, tapi eksekusinya bisa diamankan Pau Lopez.

Roma akhirnya membuka keunggulan di menit ke-27. Berawal dari sepakan jarak jauh Mancini yang bisa ditepis Milinkovic-Savic, bola muntah diambil Spinazzola yang kembali melepaskan crossing ke kotak penalti.

Bola berhasil dihalau oleh Lyanco, tetapi sapuannya malah mendarat di kaki Mkhitaryan, yang langsung menyambar bola dengan tendangan keras dan sukses menghujam gawang Torino. Roma memimpin 1-0.

Jelang babak pertama usai, tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Gleison Bremer melanggar Edin Dzeko di kotak terlarang. Jordan Veretout maju sebagai eksekutor, dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Torino coba mengambil inisiatif menyerang. Bremer melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-55, tetapi masih melambung di atas gawang. Sembilan menit berselang, tendangan Simone Edera masih menerpa mistar gawang.

Roma justru mamu memperbesar keunggulan di menit ke-68. Berawal dari umpan lambung Mkhitaryan kepada Pedro, bola kemudian diberikan kepada Borja Mayoral, lalu diumpan lagi kepada Lorenzo Pellegrini yang memiliki posisi bagus di kotak penalti.

Sebuah tembakan keras Pellegrini bersarang telak di pojok kanan atas gawang Torino, sementara Milinkovic-Savic tak bisa memberi perlawanan karena sudah mati langkah.

Unggul tiga gol, Roma agak mengendurkan serangan. Situasi ini berhasil dimanfaatkan Torino. Belotti melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-72, dan bola sebetulnya bisa ditepis Pau Lopez.

Namun koordinasi lini belakang yang buruk malah menciptakan kemelut di depan gawang Roma, dan Belotti berhasil mendapatkan bola kembali untuk menuntaskannya menjadi gol.

Di sisa waktu, kedua tim coba mencari gol tambahan, namun skor 3-1 untuk Roma tetap bertahan hingga laga berakhir.

Susunan pemain

AS Roma: Pau Lopez; Mancini (Kumbulla 46′), Smalling, Ibanez; Bruno Peres (Karsdorp 46′), Veretout, Villar (Pedro Rodriguez 59′), Spinazzola (Calafiori 71′); Pellegrini, Mkhitaryan; Dzeko (Mayoral 59′)

Torino: Milinkovic-Savic; Buongiorno (Bonazzoli 77′), Bremer, Lyanco; Singo, Gojak (Ansaldi 23′ (Edera 45′)), Meite (Rincon 46′), Linetty, Vojvoda; Lukic (Segre 46′); Belotti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here