Menang 1-0, The Reds Lolos ke 16 Besar Liga Champions

0
59
Liverpool

Liga Champions – The Reds sempat dibuat kesulitan oleh permainan Ajax. Namun skuad asuhan Juergen Klopp akhirnya memastikan tiga poin lewat gol tunggal Curtis Jones di menit ke-58.

Dengan mengumpulkan 12 poin dari 5 laga, Liverpool dipastikan menjadi juara grup setelah di laga lainnya Atalanta bermain imbang 1-1 dengan Midtjylland. Sementara bagi Ajax, kekalahan ini membuat mereka harus menang atas Atalanta di laga terakhir jika ingin lolos ke fase gugur.

Liverpool menekan lebih dulu di menit ke-2. Curtis Jones melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-2, tapi masih bisa ditangkap Andre Onana.

Ajax membalas dua menit kemudian. Perr Schuurs mendapat peluang usai mendapat umpan dari Ryan Gravenberch, namun sundulannya masih melambung di atas gawang Liverpool yang dijaga Caoimhin Kelleher.

Nyaris! Tuan rumah hampir membuka keunggulan lewat Jones di menit ke-6, tetapi kali ini sepakan jarak jauhnya membentur tiang gawang. Selamatlah gawang Ajax.

Ajax tak mau diam saja. Di menit ke-19, Antony menembak bola dengan kaki kirinya, namun gagal mengarah ke gawang. Pada menit ke-32, sepakan keras Noussair Mazraoui berhasil diblok oleh Kelleher, hanya menghasilkan tendangan sudut.

Di menit ke-42, Liverpool mendapat free kick usai Sadio Mane dijegal oleh Schuurs. Jordan Henderson yang menjadi eksekutor mengumpan bolanya pada Mane, namun sundulannya bisa diamankan Onana.

Gravenberch mendapat kesempatan terakhir menjebol gawang Liverpool di paruh pertama, tetapi sepakan yang dilepaskannya di masa injury time masih melambung. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Ajax menekan lebih dulu. Davy Klaassen mendapat kans di menit ke-50, tapi sundulannya masih melebar di sisi kiri gawang Liverpool.

Mazraoui kembali mengancam gawang Liverpool di menit ke-57, tetapi Kelleher berhasil menepis tendangannya. Bola muntah berhasil diambil David Neres, tetapi sepakannya masih membentur tiang gawang.

The Reds tak mengendurkan serangan meski sedang unggul. Mane melepaskan sepakan jarak jauh di menit ke-61, tapi masih jauh dari sasaran. Semenit kemudian, peluang Mohamed Salah lewat serangan balik berhasil dihalau Onana.

Ajax coba menyamakan kedudukan. Antony kembali memperoleh peluang di menit ke-64, tetapi Kelleher bisa mengamankan gawangnya. Lima menit berselang, giliran Henderson yang mengancam Ajax, tapi sepakan jarak jauhnya malah melebar.

Peluang emas didapat Liverpool di menit ke-83. Through pass Salah berhasil diterima Roberto Firmino di kotak penalti, namun sepakannya berhasil dipatahkan oleh Onana.

Nyaris! Di menit ke-88, Ajax hampir menyamakan kedudukan lewat Klaas Jan Huntelaar yang baru masuk, namun sundulannya dengan gemilang ditepis oleh Kelleher.

Hingga peluit panjang, skor tetap 1-0 untuk Liverpool.

Susunan pemain

Liverpool: Kelleher, Neco Williams, Matip, Fabinho, Robertson, Curtis Jones, Wijnaldum, Henderson, Jota (Firmino 68′), Salah (Williams 90′), Mane.

Ajax Amsterdam: Onana, Mazraoui (Huntelaar 86′), Schuurs, Blind (Martinez 86′), Tagliafico, Alvarez (Labyad 69′), Klaassen, Gravenberch, Antony, Tadic, Neres (Traore 81′)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here