Maverick Vinales Start dari Jalur Pit Stop MotoGP Eropa 2020

MotoGP – Kabar buruk menghampiri Maverick Vinales jelang tampil pada balapan MotoGP Eropa 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Maverick Vinales dipastikan bakal memulai balapan dari jalur pitlane dalam balapan MotoGP Eropa 2020 pada Minggu (8/11/2020).

Penalti ini didapat Maverick Vinales karena ia akan memasang mesin keenam untuk MotoGP 2020. Untuk diketahui, setiap tim memiliki kuota lima mesin untuk satu pembalap yang digunakan dalam kejuaraan.

Dilansir dari GPOne, petaka Vinales bermula dari kisruh modifikasi ilegal yang dilakukan Yamaha. Vinales menggunakan mesin ketiga ketika tampil pada seri pertama MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez.

Namun, mesin ketiga yang dipakai Vinales ternyata bermasalah.

Yamaha melakukan modifikasi mesin tanpa persetujuan Motor Sport Manufacturer Association (MSMA) pada mesin yang digunakan Vianles.

Yamaha dikabarkan mengganti valve atau katup mesin mereka menjelang seri pertama MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. Situasi semakin membutuk karena mesin kedua milik Vinales sudah ditarik pada balapan pembuka musim ini.

Vinales sebenarnya memiliki tiga mesin lagi untuk menuntaskan balapan MotoGP 2020. Namun demikian, dua mesin milik Vinales telah melewati batas pemakaian.

Sementara itu, satu mesin lagi tidak digunakan sejak seri MotoGP Styria. Rentetan kejadian buruk itu membuat Vinales terpaksa menggunakan mesin keenamnya pada balapan di Sirkuit Ricardo Tormo.

Atas kejadian ini, Vinales diganjar hukuman start dari jalur pitlane pada balapan MotoGP Eropa 2020. “Kami menekan mesin keenam dengan Maverick dan ini adalah penalti latin yang kami hadapi,” kata manajer Yamaha, Massimo Meregalli dikutip dari GP One.

“Maverick akan memulai balapan dari pitlane pada Minggu,” lanjut Meregalli. Hukuman ini tentu akan merugikan bagi Maverick Vinales dalam perebutan gelar juara MotoGP 2020.

Pasalnya, ia sedang membutuhkan poin untuk merebut posisi puncak klasemen sementara MotoGP 2020 yang kini dihuni Joan Mir (Suzuki Ecstar). Vinales sendiri saat ini terpaut 19 poin dari Joan Mir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here