MotoGP | Sepakbola.id – TIdak terasa 14 seri balapan MotoGP 2020 sudah diselesaikan, dan seri MotoGP Portugal menjadi seri pamungkas. Dimana di sirkuit Internasional Algarve, portimao dimenangkan rider tuan rumah Miguel Oliveira. Sedikit kilas balik, Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 seharusnya dimulai pada Maret silam di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Namun, pandemi Covid-19 mengganggu jadwal yang sudah disusun sedemikian matang. Seri perdana pun dibuka di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol, pada 19 Juli 2020.

Balapan perdana bertajuk MotoGP Spanyol 2020 itu akhirnya dimenangi oleh Fabio Quartararo dari Tim Petronas Yamaha SRT. Mengingat MotoGP 2020 harus mengalami sejumlah penyesuaian, maka beberapa seri digelar pada sirkuit yang sama untuk dua balapan beruntun dengan jarak satu pekan.

Seri kedua pun dihelat di Sirkuit Jerez-Angel Nieto dengan nama MotoGP Andalusia 2020. Lomba ini juga dimenangi oleh Fabio Quartararo. Mengemas 50 poin dari dua seri awal membuat El Diablo dijagokan keluar sebagai juara dunia. Sayangnya, bukan itu yang terjadi.

Pembalap asal Prancis itu gagal tampil konsisten sepanjang musim sehingga harus terlempar ke posisi delapan pada klasemen akhir MotoGP 2020. Juara dunia justru diraih oleh Joan Mir dengan total nilai 171. Pembalap asal Spanyol itu mengunci gelar juara dunia pada seri Valencia 2020, 15 November lalu.

Bos KTM Rayakan Kemenangan Oliveira di MotoGP Portugal | Sepakbola.id

Joan Mir bahkan menjadi juara dunia dengan jumlah kemenangan paling sedikit, yakni satu. Pria berusia 23 tahun itu mengunci gelar prestisius tersebut dengan modal konsistensi berada di lima besar. Keberhasilan Joan Mir diikuti oleh Suzuki Ecstar pada kategori tim.

Ya, Suzuki Ecstar berhasil menjadi juara dunia pada kategori tim dengan nilai akhir 310. Tim berkelir biru itu unggul telak atas runner-up Petronas Yamaha SRT dengan selisih 62 poin. Keberhasilan itu lagi-lagi tidak terlepas dari konsistensi Joan Mir dan Alex Rins.

Sayangnya, Suzuki Ecstar gagal meraih triple crown alias sapu bersih pada tiga kategori, pembalap, tim, dan konstruktor. Pada kategori terakhir, gelar itu disabet oleh Ducati Corse. Berkat keberhasilan Jack Miller finis kedua di Portimao, maka Ducati mengumpulkan total 221 angka, atau unggul 17 poin dari Suzuki dengan nilai 204.

Sementara itu, gelar sebagai pendatang baru terbaik jatuh kepada Brad Binder. Pembalap Tim KTM Red Bull itu mengumpulkan 87 poin dan nangkring di posisi 11 klasemen akhir. Ia unggul 13 angka dari pesaing terberatnya, Alex Marquez, yang berada di peringkat 14.

Berikut daftar lengkap juara MotoGP 2020

Kategori Pembalap: Joan Mir

Kategori Tim: Suzuki Ecstar

Kategori Konstruktor: Ducati

Pendatang Baru Terbaik: Brad Binder

Hasil MotoGP Portugal 2020, Oliveira Berikan Kejutan Terindah | Sepakbola.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here