Bola Dunia – Agama yang diikuti orang tua merupakan salah satu pilihan utama ketika seseorang dilahirkan, dan biasanya agama ini dipeluk sampai akhir hayatnya. Kendati demikian, terdapat juga banyak kasus di mana manusia berpindah agama, termasuk di kalangan pesepakbola. Alasannya pun beragam dari mulai menemukan ketenangan hingga yang lainnya. Berikut ini adalah lima pesepakbola Prancis yang memutuskan pindah agama menjadi Islam (mualaf):

5. Eric Abidal

Eric Abidal merupakan salah satu pemain kunci di era kejayaan Barcelona asuhan Josep Guardiola. Sempat mengumumkan pensiun dini pada 2011 karena didiagnosis menderita tumor hati, Abidal pada akhirnya sembuh setelah mendapatkan donor dan melanjutkan kariernya sebagai pesepakbola lagi.

Pada awalnya, Abidal adalah seorang Nasrani. Akan tetapi, ia kemudian memeluk Islam, mengikuti agama sang istri, Hayet Kebir. Istri Abidal berasal dari Aljazair yang mayoritas penduduknya adalah Muslim.

4. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka merupakan pemain yang telah membela banyak klub besar seperti Arsenal, Real Madrid, Liverpool, hingga Chelsea. Meski begitu, Anelka yang awalnya beragama Nasrani telah memutuskan untuk menjadi mualaf ketika usianya masih 16 tahun.

“Saya berusia 16 tahun ketika saya masuk Islam, di luar aspek persaudaraan, konversi saya tidak mengubah hidup saya. Saya sudah hidup dengan prinsip yang sama – menjadi orang benar, memiliki nilai,” ujar Anelka.

“Apa yang membuat saya masuk Islam adalah bahwa saya memiliki keyakinan bahwa Islam adalah untuk saya. Saya merasakan hubungan ini dengan Tuhan, dan itu mencerahkan hidup saya. Saya memiliki keyakinan di hati saya bahwa itu adalah agama saya. Saya senang menjadi seorang Muslim, agama damai dan saya belajar banyak dari Islam,” sambungnya.

Ronaldo Sekarang Sedang Ditawarkan ke MU dan PSG

3. Thierry Henry

Thierry Henry adalah legenda Arsenal dan dianggap sebagai pemain terbaik yang pernah membela The Gunners. Henry memiliki peran penting dalam mengantarkan Arsenal menjuarai Liga Inggris 2003-2004 di mana mereka tak sekalipun merasakan kekalahan.

Henry pada awalnya adalah pemeluk agama Nasrani. Akan tetapi, ia kemudian memilih Islam. Adapun Eric Abidal dan Franck Ribery berperan penting dalam proses perpindahan agama Henry ini. Henry menggambarkan Islam sebagai agama yang paling dekat dengannya.

2. Paul Pogba

Paul Pogba dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Gelandang Manchester United tersebut pasalnya telah menjadikan islam sebagai pedoman hidupnya.

“Menjadi Muslim adalah segala-galanya. Itu (Islam) membuat saya berterima kasih kepada hidup ini dan membuat saya memikirkan makna hidup. Saya merasa lebih tenang. Saya bersyukur atas segalanya,” aku Pogba.

1. Franck Ribery

Franck Ribery menjelma menjadi pemain top dunia kala ia membela Bayern Munich pada media 2007-2019. Pada awalnya, Ribery adalah pemeluk agama Nasrani. Akan tetapi, pada 2002 ia memutuskan untuk memilih Islam, mengikuti sang istri, Wahiba.

Ribery kemudian mengambil nama Bilal setelah menjadi mualaf. Keputusan Ribery berpindah agama ini sempat menjadi sorotan. Meski begitu, Ribery sudah teguh dengan pendiriannya dan menjalankan ajaran agama Islam sebagaimana mestinya.

“Agama adalah urusan pribadi saya. Saya seorang mukmin dan sejak saya masuk Islam, saya pikir, saya menjadi lebih kuat secara mental dan fisik. Agama tidak mengubah kepribadian saya atau persepsi saya tentang dunia. Saya beribadah lima kali sehari, saya melakukannya karena itu memungkinkan saya untuk dibebaskan dan saya merasa lebih baik setelahnya,” jelas Ribery.

Emil Audero Mulyadi Kiper Sampdoria Kelahiran Indonesia, Pernah Di Incar Arsenal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here